Saturday, September 29, 2012

Kendala Ternak Love Bird Bertelur di luar glodok



Kendala Ternak Love Bird Bertelur di luar glodok sering dialami oleh para peternak love bird / lovebird. Banyak peternak yang mengeluhkan Burung Love Bird bertelur di luar glodok yang sudah disediakan. Termasuk saya juga mengalami hal ini beberapa hari yang lalu. Karena udara di Jakarta sedang panas-panasnya, apalagi lokasi ternak indoor di lantai 2, sirkulasi udara kurang bagus hanya dari jendela dan sebuah kipas angin. Posisi atap (plafon) juga tidak terlalu tinggi.
 
Penyebab Love Bird bertelur di luar glodok (di dasar sangkar) antara lain :
Udara yang terlalu panas. Dimana suhu ideal 27-30 C
Love Bird Stres karena hewan atau suara. Biasanya suara kucing atau suara kebisingan lain yg membuat kaget (terlalu gaduh).

Penanganan :
1. Jika disebabkan udara panas
Pindah kandang di tempat yang sejuk, sirkulasi udara lebih bagus.

Secara rutin sekitar 2-3 kali siram lantai dibawah kandang ternak, atau letakkan kain basah dibawahnya agar udara lebih sejuk.

Beri kipas angin jam sekitar jam 8.00 s/d 18.00 , lebih baik jika menggunakan kipas angin yang bisa diisi air (es beku).

Apabila kondisi panas yang extreeme, letakkan es batu di alas sangkar (di bawah glodok) dengan harapan membuat suhu di dalam glodok lebih sejuk. Lebih baik menggunakan "blue ice" karena tahan lebih lama daripada es biasa.

2. Jika disebabkan suara gaduh
Isolasi dari suara bising tentunya  dan tempatkan di lokasi yg jarang dilalui orang.
Sebaiknya apabila ditemui Love Bird bertelur diluar glodok kita harus segera bentindak cepat untuk menanggulanginya, agar tidak terlambat & peternakan Love Bird tetap berjalan lancar

Semoga tips ini berguna dalam ternak love bird / beternak love bird / budidaya love bird ini berguna bagi para peternak love bird

4 comments:

  1. maaf min mau nanya, kalo posisi kandang koloni saya itu ada di luar dan hawanya(angin) kn lumayan dingin, tp kokk msh aja bikin sarang di luar (tmpt minum) yaa..??
    mohon pencerahannya min, maklum newbie nihh min..hehehehehe

    ReplyDelete
  2. maaf min mau nanya, kalo posisi kandang koloni saya itu ada di luar dan hawanya(angin) kn lumayan dingin, tp kokk msh aja bikin sarang di luar (tmpt minum) yaa..??
    mohon pencerahannya min, maklum newbie nihh min..hehehehehe

    ReplyDelete
  3. Gimana solusinya lovebird saya yang dulu nya viasa nelor sampai 4/6 telor alhamdulillah menatas semua tapi sekarang lovebird saya semenjak di pindah tempat lovebird saya sering nelor di luar glodok gimana solusinya min ?

    ReplyDelete
  4. Dengan kondisi yg sangat panas extrem burrung labet saya cuma nelur 1...sudah hmpir 1minggu masih saja nelur 1...apa kemungkinan besar tdk akan bertelur lagi apakah telur 1 tersebut bsa menetas ..mohon pencerahan.a suhu ..terima kasih

    ReplyDelete